Ok

10 Jenis Batu Cincin Paling Populer

Jenis batu cincin di Indonesia sangatlah banyak dimana beda daerah berbeda juga jenis batu cincin yang dimilikinya, namun kepopuleran batu akik tersebut tentu berdasarkan kualitas dan hasil uji lab yang menyatakan bahwa batu permata ini layak dipertimbangkan untuk menjadi populer.
Batu giok aceh contohnya yang akhir-akhir ini sangat populer karena memenangkan berkali-kali kontes batu akik di berbagai daerah di Indonesia yang membuat batu giok aceh semakin populer meskipun sekarang sedikit-demi-sedikit pamor batu cincin aceh mulai turun karena menurunnya daya beli masyarakat. Namun masih banyak batu cincin di Indonesia yang masih populer seperti yang akan saya ulas kali ini, baiklan berikut ini 10 jenis batu cincin paling populer di Indonesia.

1. Jenis Batu Cincin Giok Aceh

Ada lebih dari 10 jenis batu cincin giok asal aceh yang bisa kita temukan di pasaran, namun yang paling populer adalah batu giok solar aceh yang beberapa waktu lalu memenangkan kontes batu akik di Jakarta yang mengalahkan batu cincin lainnya di Indonesia. Namun sebenarnya batu idocrase yang berwarna hijau lumut yang merupakan batu giok aceh yang paling mahal yang mengalahkan batu lumut sungai dareh asal Sumatera Barat.
Batu giok hitam atau blackjade juga sebenarnya cukup populer namun karena sumberdaya atau bahan bakunya sangat berlimpah sehingga harga jualnya sangat rendah, padahal kualitas dari blackjade asal aceh sangat bagus yang sering digunakan sebagai terapi batu giok. Sering juga batu blackjade ini dijadikan gelang, cincin, hingga alat menambah kekuatan bagi pria.

2. Jenis Batu Cincin Bacan Hijau

Batu Cincin Bacan warna hijau ini berasal dari Maluku Utara tepatnya daerah Halmahera Selatan di daerah Pulau Kasiruta. Batu ini memiliki keunggulan yang dapat bermetamorfosa dan memiliki energi seperti tubuh manusia terbukti bisa menggerakkan layar hp layar sentuh (touch screen) smartphone, sehingga selain keindahannya batu ini memiliki kandungan mineral yang unik yang jarang dimiliki oleh batu cincin yang lain. Oleh karena itulah jenis batu cincin bacan ini banyak dicari oleh pecinta batu akik yang membuat batu bacan ini menjadi semakin populer.
Jenis Batu cincin bacan juga sangat banyak macamnya namun ada beberapa jenis yang sangat populer yaitu batu bacan pamela serta jenis batu bacan doko.

3. Jenis Batu Cincin Kalimaya

Jenis Batu Cincin kalimaya ini tergolong batu cincin yang termasuk unik dan sangat indah meskipun tingkat kekerasannya cukup rendah, namun karena keindahan warna-warni pelangi yang senantiasa berubah-ubah tergantung dari suduh pandang mana Anda melihatnya

Batu cincin kalimaya ini berasal dari Lebak, Banten salah satu provinsi termuda di Indonesia, batu ini sudah sangat terkenal hingga ke Manca Negara karena mengalahkan keindahan batu cincin yang berasal dari negara India, Meksiko maupun Australia dan Mesir, meskipun jenis batu cincin dinegara tersebut sama dengan yang di Lebak Banten namun kualitas dan keindahan batu cincin kalimaya lebih unggul dari pada batu dari negara-negara tersebut.

4. Jenis Batu Cincin Safir

Jenis Batu cincin Safir merupakan salah satu batu cincin yang cukup populer di Indonesia, meskipun batu safir ini bukan batu asli Indonesia namun batu ini sangat banyak orang mencarinya sebagai perhiasan dan juga diyakini bisa membuat orang yang memakainya tenang dari berbagai pikiran.
Kandungan yang terdapat didalam batu safir tergolong mineral yang sangat langka dan keras seperti aluminium oksida, titanium, kromium dan sedikit besi. Sehigga membuat batu safir ini memiliki beberapa warna seperti kuning, ungu, biru, merah mudah, hijau dan juga warna jingg. Meskipun batu safir kuning (yellow shappire) yang lebih mahal daripada safir biru (blue shappire) namun kepopuleran batu cincin safir biru yang lebih menonjol karena harganya sedikit lebih rendah.

5. Jenis Batu Cincin Topaz

Jenis batu cincin topaz memang berasal dari negara Brazil, Srilanka, Meksiko juga di negara Rusia. Bagi yang percaya akan khasiat dari batu akik, batu jenis ini bisa mengurangi depresi bagi penggunanya.
Jenis Batu Cincin yang juga menjadi primadona di kalangan pecinta batu mulia. Batu cincin topaz memiliki pilihan warna jingga, kuning dan juga kemerahan.

6. Jenis Batu Cincin Sungai Dareh

Jenis Batu Cincin ini sekilas mirip dengan batu lumut aceh namun sebenarnya kedua batu cincin tersebut berbeda jauh, batu lumut aceh merupakan batu giok yang berwarna transfaran yang terdapat bercak-bercak hijau lumut didalamnya yang memancarkan warna batu menjadi hijau bening, begitu juga dengan batu cincin sungai dareh, meskipun bukan dari jenis batu giok tetapi keindahannya tidak kalah jauh daripada batu lumut aceh.

7. Jenis Batu Cincin Zamrud

Batu cincin zamrud termasuk batu mulia yang berwarna hijau dengan tingkat kekerasan mencapai 7,5 skala Mohr. Sejak zaman dulu batu cincin zamrud ini sudah dikenal dikalangan bangsawan dan pembesar dimana batu cincin ini disimbolkan sebagai keangungan serta kemakmuran bagi pemakainya

8. Jenis Batu Cincin Kalsedon

Jenis Batu Cincin Kalsedon di aceh dikenal dengan nama batu cempaka dimana banyak sekali macam-macam dari batu cempaka kalsedon ini tergantung dari warnanya, mulai dari batu cempaka merah delima hingga batu cempaka madu yang beberapa kali memenangkan kontes batu akik di berbagai kota di Indonesia.
Batu cincin kalsedon ini sering ditemukan jenis batu yang berlobang dibagian dalamnya yang dikenal dengan batu combong, butiran kristal sering kali menutupi permukaan bagian dalam dari batu kalsedon ini.







9. Jenis Batu Cincin Kecubung (Amethyst)

Batu cincin kecubung juga terdapat beberapa jenis dan yang paling populer diantara batu kecubung tersebut adalah batu cincin kecubung ungu yang berasal dari kalimantan, selain itu ada juga batu kecubung ulung, kecubung teh, kecubung kopi dan sebagainya namun belum ada yg bisa mengalahkan populeritas batu kecubung ungu. Batu ini dikenal juga dengan nama batu cincin Amethyst di dunia internasional.



10. Jenis Batu Cincin Lavender

Jenis batu cincin lavender juga banyak diminati oleh pecinta batu mulia, salah satu batu lavender yang paling populer adalah batu cincin lavender spritus yang berasal dari baturaja. Selain itu ada jugabatu cincin lavender aceh yang berupa batu cempaka lavender yang juga tidak kalah indahnya dengan batu lavender batu raja.

Demikianlah 10 Jenis Batu Cincin Paling Populer, semoga bermanfaat.

10 Jenis Batu Cincin Paling Populer | admin | 4.5