Ok

Ini Fenomena Dibalik Keindahan Batu Giok Aceh

Batu Bacan dan Lumut Aceh merupakan dua batu mulia asli nusantara yang beberapa tahun belakangan namanya makin berkibar jadi primadona, pesonanya telah dilirik pemain batu alam manca negara, giok aceh ini tidak kalah jika dibandingkan dengan batu bacan, kekesaran batu ini bisa mencapai 7 skala mouse. batu giok aceh ini ada 10 macam yaitu:

1. Batu Giok Lumut (Idocarase)
2. Batu giok Solar
3. Batu giok Nenas
4. Batu giok Anggur
5. Batu giok Loreng
6. Batu giok Salju
7. Batu giok Hitam (Black Jade)
8. Batu giok Neprhate
9. Batu Giok Neprite Pucuk pisang
10. Batu Giok Natural Gold

Giok Aceh (Nephrite Jade)
Batu Giok Aceh (Nephrite Jade)

Lumut Aceh  (Idocrase)
Batu Lumut Aceh  (Idocrase)

Menurut Tengku Fadli seorang penjual batu Mulia mengatakan bahwa keistimewaaan dari batu giok aceh ini diantarany adalah sebagai keindahan dengan berbagai fenomena seperti warna mata kucing, tingkat kekerasannya, ke kristalannya dan yang paling diunggulkan adalah batu ini bisa bermetamorfosis.

Populernya batu giok aceh ini bisa juga dikarenakan oleh banyaknya para kolektor Gamstone Mania yang ingin mencari varian terbaru untuk menemukan batu yang tidak seperti biasanya, dan saat ketemu batu giok aceh dengan mereka menerimanya. Apalagi pada bulan maret lalu Seorang pembeli dari Taiwan telah membeli batu giok aceh seharga 2,5 Miliyar dengan berat batu 2,5kg.

Di Indonesia giok aceh telah mendapat juara pada pameran indonesia gamstone di dua tahun terakhir, giok aceh sekarang sedang diperjuangkan untuk masuk kedalam Gemologis International of America yang merupakan sebuah lembaga yang mengakui batu Dunia.

Namun sayangnya meskipun batu giok aceh sudah mulai diperhitungan di kancah batu alam dunia, namun penambang batu alam tradisional lokal masih tetap saja terpinggirkan. Bagaimana tidak para pengusaha batu alam dalam dua atau 5 tahun yang lalu telah banyak mengeksplorasi batu giok aceh yang dibawa keluar negeri, sehingga kualitas yang bagus-bagus sekarang lebih banyak di luar negeri, sementara yang tinggal di Indonesia hanya kualitas biasa saja.

Menurut Agustono Dwi Rahmadi seorang Gemologist batu giok Aceh ini sudah hampir mencapai tahap yang kritis dan bisa habis, sehingga perlu kehati-hati an dalam mengelolanya.

Bongkahan Batu Giok Lumut Aceh Super
Bongkahan Batu Giok Lumut Aceh Super

Oleh karna itu untuk menghindari terjadinya penyelundupan bongkahan batu giok aceh ke manca negara, pemerintah kabupaten menerbitkan peraturan yang melarang penjualan batu giok dalam bentuk bongkahan. Hingga pengaturan proses penambangan yang tidak dibenarkan melakukan penambangan batu giok dengan alat berat dan tidak boleh menambang dikawasan hutan lindung. Jika melakukan penambangan secara tradisional masih diperbolehkan.

Namun demikian sosialisasi Perda penambangan batu giok tersebut masih membingungkan karena masyarakat di perbolehkan menambang batu giok aceh secara tradisional hanya saja namun disaat pengiriman barang sudah lain ceritanya, karana aparat meminta surat izin penambangan agar boleh mengirim bongkahan batu keluar, sehingga kondisi dilapangan menjadi rancu karena disatu sisi dibolehkan menambang sementara di sisi lain dipersulit.

Menurut Teuku Fadli masalah tersebut bisa saja dipecahkan jika para stakholder dan pemerintah kabupaten bisa sama-sama berdialog untuk menemukan solusi terbaik, karena fenomena di Aceh saat ini batu giok aceh ini termasuk dalam kategori ilegal.

Mumpung belum terlambat seperti batu bacan yang saat ini sudah hampir terkuras habis bahan batu yang berkualitasnya karena ekpoitasi yang tidak terkontrol. Sehingga PerdaKab belumlah cukup, namun perlu adanya tambahan dari Perda Provinsi.

Demikianlah Fenomena dibalik keindahan batu giok Aceh. Silahkan Kunjungi Video kami terbaru melalui Channel Youtube: Batu Giok Aceh

Ini Fenomena Dibalik Keindahan Batu Giok Aceh | admin | 4.5