Ok

Cara Mudah Menguji Batu Kecubung Asli Atau Palsu

Masyarakat pengoleksi batu bebatuan mungkin sudah tidak asing dengan batu kecubung. Sejatinya nama asli sari batu ini adalah batu Ametis, nama ini diambil dari bahasa Yunani yang mempunyai arti “tidak mabuk”. Seiring bergantian zaman batu kecubung mulai menjadi komoditi panas para kolektor serta penggemar batu-batuan untuk beragam aksesoris khususnya akik. Dan sebab itu batu kecubung menjadi sangat langka serta kalau adapun harganya sangat fantastis untuk seukuran batu. Oleh sebab itu maka banyak orang yang curang sehingga memalsu batu kecubung serta menjualnya dengan harga yang mahal pula. Berikut ini cara membedakan batu cincin kecubung asli dan palsu agar anda tidak tertipu dalam membeli batu kecubung yang anda minati.

  1. Meneliti serat kecubung

Sebelum anda membeli batu kecubung, cara membedakan batu cincin kecubung asli dan palsu yang pertama dengan melihat serta meneliti serat inklusi yang ada di batu kecubung. Karena banyak para penjual batu ini memanipulasi atau membuat serat inklusi yang ada dalam batu kecubung. Sebagai penggemar batu seharusnya anda paham tentang teksture serta model gambar serat inklusi yang ada dibatu kecubung. Anda bisa belajar dari kolektor yang senior atau membaca artikel serta buku yang berhubungan dengan batu kecubung.

  1. Uji berat serta kekerasan batu

Cara membedakan batu cincin kecubung asli dan palsu yang kedua yaitu dengan menguji berat batu kecubung tersebut batu kecubung yang tidak asli biasanya akan berbeda beratnya apabila sudah lama sehingga anda harus tahu cara mengujinya. Untuk mengujinya anda bisa menggunakan timbangan air kemudian menghitungnya dengan rumus masa atau berat batu kecubung dibagi volume batu tersebut. Dengan itu anda bisa mendekteksi kualitas batu kecubung yang anda inginkan.

  1. Mencari indek biasnya

yang terakhir cara membedakan batu cincin kecubung asli dan palsu dengan melihat indek biasnya. Indek bias adalah tingkat kecerahan serta warna yang bersinar serta memantul dari batu kecubung tersebut. Cara menilainya gunakanlah alat yang bernama reflaktometer. Alat ini bisa mengukur keaslian batu tersebut berdasarkan indek bias pada batu tersebut atau tingkat kecerahan serta warna yang ada dalam batu kecubung tersebut, sehingga batu kecubung yang asli akan terlihat kualitas warnanya.

Diskripsi: Batu kecubung adalah batu yang banyak dicari oleh para kolektor sehingga membuat orang yang ingin mempalsukan batu tersebut. Meneliti serat kecubung, uji berat batu dan mencari indek bias adalah berbagai macam untuk membedakan batu kecubung asli dan palsu.

Cara Mudah Menguji Batu Kecubung Asli Atau Palsu | admin | 4.5