Ok

Cara Merawat Batu Aceh Solar

Aceh merupakan daerah penghasil batu mulia terbanyak. Batu yang dihasilkannya pun sangat unik. Salah satunya ialah batu Aceh solar yang menduduki urutan pertama untuk hasil batu mulia yang ditemukan di Aceh dengan kualitas dan keunikan yang tinggi. Tak heran jika batu jenis ini memiliki harga yang tinggi. Batu yang bisa ditemukan di daerah Naga Raya, sungai lumut di Aceh tengah dan Gayo luwes menjadi tempat paling banyak ditemukan batu giok. Batu giok jenis ini juga bukan hanya terkenal di daerah lokal saja, namun sudah mencapai luar negeri. Bentuknya yang sangat indah dan kualitasnya tinggi membuat para pecinta batu akik mencoba untuk mencari agar bisa mendapatkannya.

Cara Merawat Batu Aceh Solar

Batu Aceh Solar

Dari banyaknya peminat ini memunculkan harga yang tinggi, apalagi proses pendapatannya sudah mulai menurun. Jadi bisa dikatakan bahwa batu jenis solar dari Aceh hampir mulai menipis. Namun, jika Anda berkunjung ke daerah Aceh, masih banyak ditemui orang-orang yang masih konsisten membuat janis cincin dari batu Aceh solar untuk memenuhi permintaan konsumen. Bongkahan batu akik di tanah Aceh memang memiliki kualitas tinggi, sehingga meskipun jumlahnya sudah mulai sedikit, permintaan terus bertambah. Kesulitan mendapatkan batu ini, para konsumen juga pasti menjaga batu tersebut agar tetap terjaga kualitas dan bentuknya. Sehingga diperlukan perawatan yang sangat intensif untuk menjaga semua itu. 

Cara Merawat Batu Aceh Solar

Pada dasarnya, merawat suatu barang memang harus dilakukan, apalagi untuk barang-barang yang memiliki nilai jual tinggi karena mementingkan kualitas dan bentuk atau pun tekstur. Batu aceh solar juga mempunyai sistem perawatan yang harus dilakukan secara intensif. Anda bisa merawatnya dengan menggunakan air AC. Ternyata, air tetesan dari AC dapat merawat baru akik agar tetap terjag kualitas dan teksturnya. Anda cukup mengambil air tetesan AC dan meletakkannya di botol, setelah itu batu tersebut lakukan perendaman pada air AC untuk beberapa menit. Selanjutnya, angkat dan jemur selama satu jam. Ketika sudah mengalami proses penjemuran satu jam, masukkan kembali pada air AC dan rendam beberapa menit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air kelapa ijo untuk merawat batu akik. Air kelapa ijo yang memiliki zat ion bisa membuat kandungan kualitas batu mulia tetap terjaga, bahkan bisa menjadikan tekstur lebih baik. Anda bisa mengambil sedikit air kelapa ijo dan letakkan pada wadah. Setelah itu, rendam batu beberapa menit kemudian angkat dan keringkan. Lakukan proses tersebut beberapa kali, maka akan menghasilkan perbedaan warna yang signifikan. Pada proses ini memang membutuhkan kesabaran. Namun, setelah semuanya sudah memunculkan warna dan tekstur yang bagus batu aceh solar ini akan menjadi lebih bagus lagi.

Selain perawatannya yang sangat intensif. Pada batu jenis ini Anda juga bisa mengeluarkan motif giwang. Lalu bagaimana untuk mengeluarkan motif giwang air pada batu solar? Caranya cukup mudah. Anda rendam batu tersebut di air dengan ph 9. Air tersebut seperti air oksigen. Rendam selama satu minggu. Setelah satu minggu, jemurlah batu tersebut bersama air rendaman selama 3 jam. Kemudian simpan batu di tempat sejuk. Di tempat sejuk bukan hanya di kulkas. Sebaiknya jangan pernah menyimpan batu akik ke dalam kulkas. Karena temperatur suhu kulkas yang sangat dingin justru akan menjadi tekstur batu semakin mengeras dan tidak menghasilkan bentuk unik. Proses perendaman lakukan berkali-kali untuk memunculkan motif giwang air pada batu aceh solar.
Demikianlah sedikit tips Cara Merawat Batu Aceh Solar, semoga bermanfaat.

Cara Merawat Batu Aceh Solar | admin | 4.5