Ok

Batu Cincin Giok Aceh Termahal di Dunia

Batu cincin giok Aceh – Demam batu giok ternyata sampai sekarang masih saja menjangkiti para gemstone Indonesia maupun masyarakat luas. Diantara hiruk pikuk mengenai jenis batu akik, tahukah anda bahwa Indonesia juga banyak menghasilkan batu mulia sejenis batu akik? Mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan beberapa daerah lainnya memiliki tambang batu mulia yang khas dan bernilai tinggi. Di Aceh misalnya, beberapa waktu belakangan ini terkenal dengan batu gioknya. Batu giok Aceh memiliki warna yang khas dan lebih memikat dari batu giok yang biasanya. Hal ini lah yang mungkin menjadikan batu giok dari Aceh memiliki harga yang cukup mahal.  Batu giok Aceh yang berasal dari kota Nagan Raya yang kemarin dipamerkan di acara Indonesia Gamestone nyatanya dapat terjual dengan harga yang cukup fantastis, yaitu Rp 2.5 Milyar.

Batu Cincin Giok Aceh Termahal di Dunia

Batu Cincin Giok Aceh

Batu giok Aceh yang terjual dengan harga fantastis tersebut memiliki berat keseluruhan sebesar 2.5 gram yang dibeli oleh penggemar batu akik dari Taiwan. Seorang pecinta batu giok Indonesia, Tgk Fadli menyatakan bahwa penjualan batu akik kali ini merupakan rekor tertinggi untuk penjualan batu giok Aceh. Semenjak tahun 2013 lalu, harga batu cincin giok Aceh memang mulai berkibar di pasar Nasional. Ini ditandai dengan diraihnya berbagai penghargaan untuk batu mulia di beberapa acara, salah satunya adalah  Gamestone Indonesia pada tahun 2014 lalu dimana Batu Giok Aceh menjadi juaranya.

Batu Cincin Giok Aceh Termahal di Dunia

Fadli juga mengatakan bahwa proses masuknya batu giok di pasar batu nasional Indonesia ini sudah dimulai pada tahun 2008 lalu dan baru berhasil pada tahun 2013. “Dulu batu giok Aceh hanya dipandang sebelah mata. Orang-orang menyebut batu ini dengan sebutan batu ‘sungai dare’ dari Sumatera Barat. Padahal, mereka yang lebih mengerti tentang batu mulia tentu tahu bahwa batu giok Aceh lebih unggul dari batu Sumatera Barat,” ungkap Fadli. Hasil penelitian dari Laboratorium menyebutkan bahwa giok Aceh memiliki keunggulan dalam segi kekristalan dan juga kekerasannya. Batu cincin giok Aceh mencapai skala 7 sedangkan batu Sumatera Barat hanya mencapai sekala 6 atau 5 saja. Ini menjadi bukti bahwa batu giok Aceh memang sangat bernilai.

Peluang besar setelah batu akik diterima di pasar batu Nasional adalah membawanya ke kancah internasional. Fadli sendiri sedang mengusahakan masuknya batu giok Aceh ke Gemologis Internasional  Of Amerika, yaitu sebuah lembaga yang mengakui batu dunia. Ia mengatakan, “Sampai kini Indonesia belum masuk ke dalam data mereka.” Berkaitan dengan hal tersebut, Fadli sangat bersungguh-sungguh dalam hal membawa batu giok Aceh untuk Go Internasional. Orang-orang di dunia harus mengetahui bagaimana indahnya batu cincin giok Aceh.

Teuku Fadli yang sering menggelar “Open House Batu Giok” Jakarta mengatakan bahwa batu giok yang didagangkan di kawasan Jakarta sebagian besar berasal dari Nagan Raya. Dia juga memprediksikan bahwa kali ini di Ibukota Jakarta terdapat sekitar 100 ton batu giok aceh. Tetapi, dari 100 ton batu giok tersebut, masih sedikit yang benar-benar berada di kelas super. Fadli menyarankan bahwa jika seseorang ingin mendapatkan batu giok yang benar-benar berkualitas, maka sebaiknya memilih batu giok yang memang diolah di aceh. Fadli sendiri juga menggosok batu-batunya di Banda Aceh. Fadli berharap dengan adanya demam batu akik ini, peluang batu cincin giok Aceh untuk sukses menjadi semakin besar.
Demikianlah Batu Cincin Giok Aceh Termahal di Dunia, semoga bermanfaat.

Batu Cincin Giok Aceh Termahal di Dunia | admin | 4.5